Kamis, 20 Desember 2012

KONFLIK, RESOLUSI KONFLIK & NEGOSIASI



Pengertian Konflik
Proses di mana orang atau kelompok merasakan bahwa pihak lain melakukan hal-hal tertentu yang berakibat negatif pada kepentingan mereka
Sumber Konflik Dalam Kelompok
Controlling:  Perebutan kekuasaan
Deciding: Konflik Substantif vs. prosedural
•Menyukai dan tidak menyukai: Konflik interpersonal
         Ketertarikan interpersonal menurunkan konflik tetapi mengabaikan konflik yang meningkat
         Konflik dan keberagaman (diversity) dalam kelompok
         Balance theory:  Respon semakin negatif ketika manggota kelompok tidak setuju terhadap orang yang disukainya.
Situasi Psikologis Konflik
Zero-sum conflict
• Kalau satu “menang/untung”, maka yang lain “kalah/rugi”.
• Sepenuhnya bersifat kompetisi
• “Kemenangan lawan adalah kehancuran saya, kekalahan lawan adalah kemenanganku”
Non-zero sumconflict atau mixed motive situation
• Tidak berarti kalau satu “menang/untung”, maka yang lain “kalah/rugi”.
• Kedua pihak bisa “menang/untung”
• Kedua pihak bisa “kalah/rugi”

5 Strategi Resolusi Konflik
1. Menghindar: Mengesampingkan isu atau menolak bahwa ada masalah. Dengan tidak mengkonfrontasikan konflik, anggota berharap masalah hilang dengan sendirinya.
2. Akomodasi: Beberapa anggota tim berusaha bersikap kooperatif untuk mempertahankan relasi
3. Konfrontasi: Bersikap agresif dan berusaha menang dalam konflik. Menang bisa lebih penting daripada menghasilkan keputusan terbaik
4. Kompromi: Satu cara untuk menyeimbangkan keadaan dan menjaga hubungan adalah  agar setiap anggota bersedia sedikit kompromi.
5. Kolaborasi: Kekhawatiran yang ada dibahas dan diupayakan solusi yang bisa memuaskan semua pihak. Butuh rasa kooperatif dan respect.

5 Pendekatan Resolusi Konflik
WIN-LOSE APPROACH è PAKSA
 Warning: Mereka yang kalah selalu mencari jalan untuk membalas
LOSE-LOSE APPROACH è MENGHINDAR
 menghindari  masalah; Penyelesaiannya lebih diserahkan pada nasib.
LOSE-WIN APPROACH è MENGALAH
 berpura-pura segalanya baik dan lancar; kadang memang baik menyesuaikan diri dengan orang lain selama harapan dan kepentingan kita tidak terganggu.
NEUTRAL APPROACH è KOMPROMI
Tidak ada yang benar-benar kalah, tetapi juga tidak ada yang benar-benar menang
WIN-WIN APPROACH è KERJASAMA
menang dua kali: 1) membangun penyelesaian yang dapat diterima; 2) memperbaiki hubungan 
Resolusi Konflik
•Bargaining: Mengupayakan kesepakatan dengan negosiasi langsung antara pihak yang berkonflik
•Mediation : Upaya dari pihak ketiga yang dianggap netral untuk membantu penyelesaian konflik dengan memfasilitasi komunikasi dan menawarkan saran/masukan
•Arbitration : Resolusi  konflik dengan bantuan pihak ketiga yang netral untuk mempelajari kedua belah pihak dan mencarikan kesepakatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar