Pengertian
Konflik
Proses di
mana orang atau kelompok merasakan bahwa pihak lain melakukan hal-hal tertentu
yang berakibat negatif pada kepentingan mereka
Sumber Konflik Dalam
Kelompok
•Controlling: Perebutan kekuasaan
•Deciding:
Konflik Substantif vs. prosedural
•Menyukai dan tidak
menyukai: Konflik interpersonal
–
Ketertarikan interpersonal menurunkan konflik tetapi mengabaikan konflik
yang meningkat
–
Konflik dan keberagaman (diversity) dalam kelompok
–
Balance theory: Respon semakin
negatif ketika manggota kelompok tidak setuju terhadap orang yang disukainya.
Situasi Psikologis Konflik
Zero-sum conflict
• Kalau satu
“menang/untung”, maka yang lain “kalah/rugi”.
• Sepenuhnya
bersifat kompetisi
• “Kemenangan lawan
adalah kehancuran saya, kekalahan lawan adalah kemenanganku”
Non-zero sumconflict atau mixed motive situation
• Tidak berarti
kalau satu “menang/untung”, maka yang lain “kalah/rugi”.
• Kedua pihak bisa
“menang/untung”
• Kedua pihak bisa “kalah/rugi”
5 Strategi Resolusi
Konflik
1. Menghindar:
Mengesampingkan isu atau menolak bahwa ada masalah. Dengan tidak
mengkonfrontasikan konflik, anggota berharap masalah hilang dengan sendirinya.
2. Akomodasi:
Beberapa anggota tim berusaha bersikap kooperatif untuk mempertahankan relasi
3. Konfrontasi:
Bersikap agresif dan berusaha menang dalam konflik. Menang bisa lebih penting
daripada menghasilkan keputusan terbaik
4. Kompromi: Satu
cara untuk menyeimbangkan keadaan dan menjaga hubungan adalah agar setiap anggota bersedia sedikit
kompromi.
5. Kolaborasi:
Kekhawatiran yang ada dibahas dan diupayakan solusi yang bisa memuaskan semua
pihak. Butuh rasa kooperatif dan respect.
5 Pendekatan
Resolusi Konflik
• WIN-LOSE APPROACH è PAKSA
Warning: Mereka yang kalah selalu mencari
jalan untuk membalas
• LOSE-LOSE APPROACH è MENGHINDAR
menghindari masalah; Penyelesaiannya lebih diserahkan pada
nasib.
• LOSE-WIN APPROACH è MENGALAH
berpura-pura segalanya baik dan lancar; kadang
memang baik menyesuaikan diri dengan orang lain selama harapan dan kepentingan
kita tidak terganggu.
•NEUTRAL APPROACH è KOMPROMI
Tidak ada yang
benar-benar kalah, tetapi juga tidak ada yang benar-benar menang
•WIN-WIN APPROACH è KERJASAMA
menang dua kali: 1)
membangun penyelesaian yang dapat diterima; 2) memperbaiki hubungan
Resolusi Konflik
•Bargaining:
Mengupayakan kesepakatan dengan negosiasi langsung antara pihak yang berkonflik
•Mediation : Upaya
dari pihak ketiga yang dianggap netral untuk membantu penyelesaian konflik
dengan memfasilitasi komunikasi dan menawarkan saran/masukan
•Arbitration :
Resolusi konflik dengan bantuan pihak
ketiga yang netral untuk mempelajari kedua belah pihak dan mencarikan
kesepakatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar