Kamis, 20 Desember 2012

KOMUNIKASI DALAM KELOMPOK



         Kelompok komunikasi adalah pesan yang dikirim oleh anggota kelompok kepada satu atau lebih penerima yang secara sadar bermaksud untuk mempengaruhi perilaku dari si penerima.
Pola komunikasi dalam Pemecahan Masalah
Interaction analisys, ada 3 level interaksi yaitu:
 Frekuensi dan panjangnya suatu komunikasi
Tujuan seseorang berbicara
 Cara untuk memicu komunikasi yang baik
2.Communication pattetns in an authorithy heirarchy, komunikasi formal yang sering digunakan:
One way communication, cirinya ketua kelompok memberi perintah kepada anggota kelompok. Bersifat pasif dan keefektifitan komunikasi ditentukan oleh bagaimana pesan tersebut dibuat dan di sampaikan.
Two way communication, adanya proses timbal balik dimana setiap anggota dapat menyampaikan pesan dan menjelaskan pesan anggota lain.
Effects of The Messages of a One-Way Communication Procedure
Ada 3 proses untuk menyederhanakan pesan:
Lavelling: Pesan yang disampaikan cenderung lebih pendekatan singkat agar dapat lebih mudah dipahami
Sharpening: penguatan, pemahaman, dan pelaporan yang bersifat pilihan sejumlah perincian dari tingkatan yang lebih luas
Assimilation: Penerima pesan membawa sebagian besar pesan ke dalam batasan referensi dan kepribadiannya sendiri (penafsiran dan ingatan yang didengar dipengaruhi oleh pikiran dan perasaan si penerima sendiri.

Struktur Komunikasi
1.    Struktur Lingkaran :        
Struktur lingkaran tidak memiliki pemimpin. Semua anggota posisinya sama. Mereka memiliki wewenang atau kekuatan yang sama untuk mempengaruhi kelompok. Setiap anggota bisa berkomunikasi dengan dua anggota lain di sisinya .

2.    Struktur Roda
Struktur roda memiliki pemimpin yang jelas, yaitu yang posisinya di pusat. Orang ini merupakan satu-satunya yang dapat mengirim dan menerima pesan dari semua anggota. Oleh karena itu, jika seorang anggota ingin berkomunikasi dengan anggota lain, maka pesannya harus disampaikan melalui pemimpinnya .

3.      Struktur Y
         Struktur Y relatif kurang tersentralisasi dibanding dengan struktur roda, tetapi lebih tersentralisasi dibanding dengan pola lainnya. Pada struktur Y juga terdapat pemimpin yang jelas (orang ketiga dari bawah). Tetapi satu anggota lainnya berperan sebagai pemimpin kedua (orang kedua dari bawah). Anggota ini dapat mengirimkan dan menerima pesan dari dua orang lainnya. Ketiga anggota lainnya komunikasinya terbatas hanya dengan satu orang lainnya .

4.Struktur Rantai
Struktur rantai sama dengan struktur lingkaran kecuali bahwa para anggota yang paling ujung hanya dapat berkomunikasi dengan satu orang saja. Keadaan terpusat juga terdapat di sini. Orang yang berada di posisi tengah lebih berperan sebagai pemimpin daripada mereka yang berada di sisi lain.

5.Struktur Semua Saluran
Pada struktur semua saluran atau pola bintang hampir sama dengan struktur lingkaran dalam artian semua anggota adalah sama dan semuanya juga memiliki kekuatan yang sama untuk mempengaruhi anggota lainnya. Akan tetapi, dalam struktur semua saluran, setiap anggota bisa berkomunikasi dengan setiap anggota lainnya. Pola ini memungkinkan adanya partisipasi anggota secara umum .

HAMBATAN KOMUNIKASI MASSA
-Status effect
-Semantic Problems
- Perceptual distorsion
- Cultural Differences
- Physical Distractions
- Poor choice of communication channels
- No Feed back


Fungsi Komunikasi Dalam Kelompok
 Komunikasi membantu kelompok untuk menyelesaikan tugas dan sasaran sosial, seperti memberikan sosial support.
 Komunikasi berfungsi dalam kelompok untuk mencapai kebutuhan anggota kelompok maupun kelompok secara keseluruhan, seperti pencapaian prestasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar